Kata Pengantar Dari Mas-mas Biasa

Sumber: Unsplash.com

Semua atas izin Allah. Salah satu kesempatan yang membuat bangga adalah, ketika bisa memberikan kata pengantar untuk buku prosiding yang merupakan output terbaik dari International Conference LSF 2020. Buku prosiding atau dalam bahasa Inggrisnya proceeding book, yang merupakan kumpulan abstrak hasil karya dari penulis yang nanti akan dipublikasikan.

Sampai detik hari ini, saya selalu bersyukur atas sikap, keberanian, keputusan saya ketika memilih untuk bersedia saat ditawarkan menjadi ketua panitia acara. Tidak pernah menyangka. Terima kasih kepada Allah ta'ala yang hati ini lebih condong untuk menerima tawaran tersebut. Dan saya rasa itu merupakan rezeki, kesempatan baik yang Allah berikan dan menjadi pengalaman berharga dalam hidup saya. 

Ketika mendapatkan tawaran tersebut, saya melihatnya bukan sebagai sebuah ancaman. Ya, ancaman terhadap kenyamanan pada diri saya; hari-hari akan dirumitkan soal kepantiaan, waktu luang berkurang, tugas kuliah yang akan keteteran. Tapi, justru saya memandangnya ini merupakan sebuah kesempatan tak akan terulang. Dan ketika saya mengiyakan, ya saya bersedia menerima semua rasa-rasa tidak enak yang saya sebutkan di atas. Bertumbuh = mau merasakan ketidaknyamanan.

Pun saya menyadari, setiap pilihan mempunyai resiko. Apalagi saya orang baru di kepantiaan, belum pernah pengalaman menangani acara besar. Tapi saya percaya, kalau saya bisa dan ingin belajar. Apalagi saya memiliki dzat yang bagi-Nya, tidak ada yang tidak mungkin. Dan saya tidak sendiri, saya bersama teman-teman yang luar biasa hebat, cerdasnya melebihi saya. Itu yang menjadikan LSF 2020 dapat dititik sekarang.   

Teman-teman panitianya yang luar biasa, adapun saya biasa-biasa saja. Kalimat yang sering saya ulang-ulang dan katakan ke pada mereka. Hehe, dan memang benar begitu adanya. 

Hari ini, saya sangat berterima kasih kepada diri saya 9 bulan kemarin atas keputusan menerima tawaran memimpin kepantiaan. Saya melihat, justru proses panjang yang akan membentuk seseorang, dan dampak baik yang didapatkan tersebut, akan pertama kali dirasakan oleh diri sendiri. Alhamdulillah, semua atas izin Allah sekali lagi.

Berikut kata pengantar yang saya tuliskan, nanti dibuku prosiding akan dimuat dalam bentuk bahasa Inggris, mungkin ada beberapa makna yang berbeda haha. Tapi terima kasih, Eca. Yang sudah membantu saya dalam menerjamahkan ke dalam bahasa Inggris.

"Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kepada rekan-rekan yang terhormat,

Segala puji bagi Allah, atas segala nikmat dan karunia. Shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam. Beserta para keluarga beliau, sahabat dan orang-orang yang mengikuti beliau sampai datangnya hari kiamat kelak.

Allah Ta’ala, dzat yang maha baik yang telah memberikan pertolongan sehingga banyak kemudahan yang dirasakan oleh kita semua. Yang telah memberikan ketabahan serta kekuatan sehingga langkah kaki tetap berdiri tegak. Maha baik Allah yang telah memberikan kisah indah dalam setiap perjalanan.

Terima kasih, kepada—Seluruh panitia International Conference Laboratorium Mahasiswa Scientific Fair 2020. Yang telah berjuang, meluangkan waktu, materi dan berusaha bersama-sama untuk mewujudkan acara ini sehingga dapat terlaksana. Dengan segala keterbatasan, kesulitan yang dialami pada saat kita memulai ini semua, tidak terasa pada hari ini kita sudah melewatkan masa-masa sulit tersebut. Maka suatu anugerah kehormatan bagi saya, bisa bersama kalian semua menghantarkan LSF ini sampai hari-hari akhir acara. Saya sangat bersyukur bisa mengenal kalian, menjadikan ini adalah salah satu tahun terbaik dalam hidup saya. Pengalaman yang begitu berharga. Dan ketahuilah, perasaan saya kepada kalian, tidak biasa-biasa saja. Semoga segala jerih payah yang telah dilakukan, bernilai pahala di sisi Allah Ta’ala. Aamiin.

Terima kasih, kepada—Senior Laboratorium Mahasiswa. Atas segala kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bisa memimpin teman-teman semua. Terima kasih telah banyak membimbing, memberikan arahan dalam setiap proses perjalanan. Ini adalah tahun terakhir kalian berada di kepantiaan, tapi ilmu yang kalian berikan kepada kami tetap melekat di ingatan. Semoga kebaikan dan keberkahan selalu menyertai dimana pun kalian berada. Aamiin.

Terima kasih, kepada—Jurnal khazanah, yang telah membantu dalam proses prosiding, sehingga tujuan awal kita untuk menjadikan ilmu bermanfaat dengan menyebarkan ilmu seluas-luasnya dapat terwujudkan. Terima kasih telah melakukan kinerja yang baik, semoga setiap abstrak yang diterbitkan, kelak banyak orang yang mengambil manfaat dan semua yang pihak mendapatkan pahala. Aamiin.

Terima kasih, kepada—Para partisipan aktif dan pasif, pembicara, moderator dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Sebaik apapun konsep acara yang dikemas, bila tidak ada kalian, tidak akan bisa terlaksana.

Ini merupakan langkah awal yang baik, menatap masa depan yang cerah pada LSF tahun-tahun berikutnya untuk bisa memberikan yang lebih baik dibandingkan tahun ini. Semoga bisa terus bersinergi, menebar manfaat dan menujut tepat tertinggi namun dengan hati yang rendah. Jika tua nanti, tolong ingatlah hari ini. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh."

 

Terlepas tahun 2020 dengan segala cobaan, ujian di dalamnya. Di satu sisi lain, tahun ini, tahun 2020 menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, mengenal teman-teman yang membanggakan dan kisah indah di perkuliahan. Benar, hidup itu hanya perihal seni dalam memandang. Ternyata akan selalu bisa didapatkan sesuatu yang disyukri dalam setiap hal.

Terima Kasih.

Taufan Maulana Putera
6 Desember 2020
Ditulis di Karawang

Komentar

Postingan Populer